Pilihan

Inilah 10 Destinasi Pariwisata Utama Indonesia

Minggu, 18 Juni 2017 : 20.47
Menteri Pariwisata Arief Yahya pada Launching Calendar of Event Pariwisata Danau Toba 2017, di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Jakarta.
T2NEWS.CO.ID - Jakarta, Kementerian Pariwisata RI akhirnya meluncurkan 10 Destinasi Pariwisata Utama Indonesia sekaligus menjadikan 10 destinasi itu sebagai branding baru di Indonesia.

Kesepuluh destinasi pariwisata utama Indonesia dengan branding baru tersebut adalah Bandung (Jawa Barat), Great Bali, Great Jakarta, Great Kepri, Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat), Medan, Makassar, Lombok, dan Banyuwangi.

Peluncuran (launching) 10 destinasi pariwisata utama Indonesia itu di pimpin Menteri Pariwisata, Arief Yahya yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata, Rabu (14/6) lalu.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menganggap kesepuluh destinasi utama ini paling siap di-branding sebagai destination branding guna mendukung brand Wonderful Indonesia.

“Sarana dan prasarana pendukung pariwisata di 10 destinasi utama ini yang paling siap sehingga akan mudah di-branding dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang tahun ini mentargetkan 15 juta dan meningkat menjadi 20 juta pada 2019,” kata Menpar Arief Yahya.

Peluncuran branding baru 10 destinasi pariwisata utama tersebut sebagai upaya menyelaraskan sub-brand (branding destinasi) dengan master-brand (Wonderful Indonesia/WI) sehingga memperkuat positioning dari master-brand Wonderful Indonesia sekaligus tercipta sinergi antara pusat dan daerah untuk mempromosikan pariwisata Indonesia setiap destinasi di kancah internasional.

Selain itu, Kemenpar RI menilai kesepuluh destinasi utama dengan branding baru tersebut memiliki kesiapan terutama dalam unsur 3 A (Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas) yang membuat mudah bagi wisatawan berkunjung ke masing-masing destinasi.

Tidak hanya kesiapan dalam unsur 3 A (Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas), wisatawan juga juga dapat menikmati fasilitas, sarana akomodasi, maupun atraksi unggulan yang dimiliki 10 destinasi pariwisata utama Indonesia.

Misalnya, untuk wisata bahari (marine tourism) dimiliki oleh destinasi wisata Wakatobi, Bunaken, dan Raja Ampat dengan branding baru sebagai Coral Wonders. (deviskarmoy)

0 komentar:

Berita Terbaru